CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 30 November 2010

Filosofi Positif Musik Hardcore Punk

STRAIGHT EDGE
Straight Edge yang berlambang X atau XXX (bukan ''itu'' yah hehe) /SXE adalah budaya dan gaya hidup yang berpikiran bahwa hidup sehat, anti kemapanan, low profile, respect, integritas adalah bagian dari hidupnya, anak-anak Straight Edge berpikiran bahwa:


  • Merokok, memakai Narkoba dan Alkohol adalah gaya hidup yang merusak masa depan dan kesehatan, rata2 konser-konser band hardcore dilarang untuk menggunakan ketiga barang merusak itu.
  • Vegetarianisme, yaitu memakan tumbuh-tumbuhan untuk proses resistensi terhadap perpeloncoan terhadap binatang yang hidup sementara karena yang nantinya akan dikonsumsi (khususnya sapi,ayam,dan hewan ternak lainya), mereka percaya dengan vegetarianisme umur mereka akan panjang.
  • Equality (Kesetaraan), setiap straight edgers diwajibkan untuk menghargai satu sama lain dan meningkatkan keikutsertaan sesama makhluk hidup.
  • Tidak melakukan hubungan seksual tanpa komitmen (tidak free sex)
Straight edge hanyalah sebuah motivasi hidup untuk tidak merusak diri sendiri dengan mengkonsumsi zat-zat/ hal-hal yang dianggap berbahaya untuk diri sendiri dan penyikapannya kembali kepada kontrol individu. Gaya hidup straight edge mencoba untuk memberikan alternatif baru di scene punk/ hardcore yang sangat identik dengan kebiasaan mabuk dan kerusuhan. hanyalah sebuah motivasi hidup untuk tidak merusak diri sendiri dengan mengkonsumsi zat-zat/ hal-hal yang dianggap berbahaya untuk diri sendiri dan penyikapannya kembali kepada kontrol individu.
Gaya hidup straight edge Banyak orang yang mengklaim bahwa dirinya seorang penganut faham ini karena mereka ingin mengontrol kehidupan mereka, berontak dari budaya penggunaan narkoba, menghindari diri berhubungan dengan narkoba, mereka menyaksikan efek negatif dari penggunaan narkoba dalam keluargaatau teman-teman, atau bahkan bisa pula untuk membedakan diri (Alfansuri 2007). Filosofi utama yang dibawakan oleh penganut faham ini adalah penggunaan narkoba terhadap lingkungan sosial dan krisis moral yang bisa menyebabkan hancurnya rumah tangga, bisnis dan khususnya kehidupan anak-anak remaja.

Sejarah Straight Edge


Sejarah idealisme Straight Edge muncul dari seorang vokalis band Minor Threat (band Hardcore Punk) awal 80-an yang bernama Ian Mackaye (49 tahun, liat diatas), hanya gara-gara dia iseng membuat lirik yang berjudul straight edge ini cuplikan liriknya:

I am a person just Like You
But I've Got Better Things To do
Than Sit Around
And my Fcking Head
Hangout With the Living Dead
Snort White Shit Up my Nose
Passed Out at The Shows
I Dont Even Think About Speed
That Something I Dont Need
I've Got The Straight Edge


Makanya setiap anak-anak di Indonesia, mari Budayakan Straight Edge.. Oke???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar