CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 08 November 2010

Sistem Informasi Manajemen "Perusahaan"

1. Suatu perusahaan manufacture baru akan membangun suatu sisitem informasi komputer, jika anda sebagai orang yang bertanggungjawab atas jalannya sistem. Apakah anda akan mengusulkan bahwa sebaiknya mereka mulai dengan membangun sistem akuntansi, ataukah membangun satu sistem yang membantu menempatkan pesanan-pesanan bahan mentah keperluan perusahaan?

Pendapat:
Perusahaan manufaktur (manufacturing firm) adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi kemudian menjual barang jadi tersebut. Kegiatan khusus dalam perusahaan manufaktur adalah pengolahan bahan baku menjadi barang jadi. Kegiatan ini sering disebut proses produksi. Kegiatan produksi, apabila digambarkan akan nampak seperti di bawah ini:



Bidang akuntansi yang menangani masalah produksi disebut akuntansi biaya (cost accounting). Tujuannya, menetapkan beban pokok produksi barang jadi. Bab ini akan membahas sesuai ruang lingkup yang telah disebutkan, yakni penetapan beban pokok produksi. Titik berat pembahasan masih diletakkan pada pengenalan terhadap proses akuntansi dan laporan khusus untuk perusahaan manufacture.

Pada dasarnya suatu perusahaan manufacture baik sekala kecil, menengah atau besar memerlukan suatu sistem komputerisasi agar mempermudah pekerjaan dan agar hasilnya maksimal dan efisien,baik sistem akuntansi yang condong kepada keadaan kesehatan kas perusahaan maupun sistem pemesanan,pengolahan bahan mentah yang lebih condong pada proses produksi sampai jatuh ke tangan konsumen.
Dilihat dari kondisi diatas yang dalam perusahaan tersebut baru akan membangun suatu sistem komputer. Jika sistem produksi perusahaan tersebut bagus, sistem delivery ordernya diakui serta sistem pengolahan bahan mentahnya terpenuhi, maka akan akan banyak konsumen percaya dan menjatuhkan pilihannya kepada perusahaan tersebut. Terlebih lagi perusahaan baru ini selalu mengupdate kualitasnya sehingga diakui oleh masarakat maka perusahaan baru tersebut menjadi perusahaan maju. Setelah perusahaan itu berkembang dan mempunyai omset tetap,maka tahap selanjutnya bisa kita buat sistem akuntansi untuk mencatat serta menganalisa arus kas perusahaan dalam periode tertentu baik dalam bentuk transaksi, piutang dan lain-lain. Karana sesungguhnya perusahaan bagus ialah perusahaan yang mempunyai arus kas positif.

2. Suatu perusahaan Indo Alumunium (IA) yang memproduksi alumunium lembaran dan batangan, mempertimbangkan untuk menempatkan terminal-terminal pada pabrik pelanggannya. Terminal-terminal tersebut akan dihubungkan pada komputer pusat di IA dengan kemampuan mengakses sistem informasi data pesanan, dalam perhitungan penerimaan. Para pelanggan bisa menggunakan terminal untuk mengetahui apakah IA punya persediaan tertentu, melakukan pesanan dan mengetahui jumlah hutangnya pada IA.
Apakah anda pikir dengan fasilitas tersebut dapat memberikan dampak keuntungan strategis bagi Indo Alumunium dibanding dengan perusahaan yang lainnya? Pada tingkat atau level sisitem informasi apakah kegiatan tersebut berada?

Pendapat:
Ada, dan sangat menguntungkan bagi IA disbanding dengan Perusahaan lain. Informasi untuk pelanggan juga sangat dibutuhkan dan dapat disediakan oleh tingkat manajemen IA. Dari data tersebut dapat dianalisa bahwa contoh kasus tersebut masuk dalam level 4 sistem informasi yaitu Excecutive Information System (EIS) yang meliputi aplikasi-aplikasi yang berbentuk monitoring dan evalusai kinerja,dalam contoh kasus tersebut dijelaskan bahwa mempertimbangkan untuk menempatkan terminal-terminal pada pabrik dan terminal-terminal tersebut akan dihubungkan dengan komputer pusat IA dengan kemampuan akses inventaris,data pesanan dan perhitungan penerimaan akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar